Budidaya Lebah Klanceng Madu Asli Murni Ratu Trigona Sp

Mengenal Budidaya Madu Lebah Trigona atau Lebah Klanceng atau kelulut

Lebah klenceng (Apis Trigona) adalah jenis lebah madu yang dipelihara dan dibudidayakan secara profesional oleh PT. Bahtera Syafana sebagai produsen Madu Asli Murni Ratu Trigona (International Quality Honey) di Indonesia. Menurut Syarif Syam selaku Direktur Utama dan owner PT. Bahtera Syafana, hal ini adalah prasyarat untuk mendapatkan kualitas terbaik madu yang sesuai standar internasional dan menjamin pasokan yang terus menerus serta menjalin hubungan kemitraan yang saling menguntungkan antara perusahaan dengan petani. Ditambahkannya lagi, konsumen madu di Indonesia saat ini sangat khas (particular), dimana pencinta pengobatan alternatif, atau herballife saling berlomba mencari cita rasa madu yang lebih baik, cocok, serta berkhasiat tinggi mengobati penyakit mereka dan pada saat yang sama ingin mengetahui ‘cerita’ dibalik madu tersebut.

Patut diketahui, Lebah Trigona atau Lebah Klanceng atau kelulut tidak memiliki sengat dan tidak ganas seperti lebah pada umumnya. Ukuran tubuhnya sangat kecil yang berfungsi sebagai penyerbuk bunga-bunga. Dalam bahasa Jawa, Apis Trigona biasa disebut malam klenceng atau lonceng, teuweul dalam bahasa Sunda, dan kelulut di Kalimantan. Umumnya lebah madu jenis Apis indica dan Klenceng Trigona, Sp dipelihara secara tradisional dengan gelodok yang desainnya meniru rumah lebah yang ada di rongga-rongga batang pohon besar atau gua yang terlindung dari terik matahari serta hujan. Rumah tiruan umumnya terbuat dari batang kelapa (pucuk), kayu randu (kapuk), kayu pucung atau batang pohon lain yang berkayu lunak.

Teknik Budidaya Lebah Madu Trigona, Sp

Secara alami, Lebah Trigona atau Lebah Klanceng atau kelulut membuat sarangnya di lubang pohon, celah-celah dinding dan lubang bambu yang terdapat di dalam rumah dengan kondisi agak gelap. Untuk keamanan, tempat keluar masuknya berbentuk lubang kecil dengan panjang 15 cm yang diselimuti zat perekat. Sarang tersusun atas beberapa bagian untuk menyimpan madu, tepung sari, tempat bertelur serta tempat larva. Pada bagian tengah terdapat karangan bola berisi telur, tempayak serta kepompong. Pada bagian sudut terdapat bola-bola kehitaman berguna untuk penyimpan madu dan tepung sari.

budidaya-lebah-trigona

Lebah Trigona atau Lebah Klanceng atau kelulut merupakan lebah penghasil propolis lebih banyak dibanding madu yang diproduksi sangat kecil, dan rasanya asam. Lebah pekerjanya berwarna hitam, berkepala besar dan berahang tajam untuk menggigit musuh bila diganggu. Perut lebah ratu sangat besar dengan sayap pendek. Ukurannya sebesar 3-4 kali lebah pekerja. Karena sangat gemuk dan tidak pandai terbang, lebah ini tidak suka berpindah-pindah tempat kecuali bila sarangnya terlampau tua dan buruk atau lilinnya keras.

Baca Juga:

Lebah ini tidak memerlukan perhatian yang lebih karena terbiasa hidup liar di alam bebas, tidak perlu di gembala karena lebah trigona tidak membutuhkan nektar & polen tanaman ia hanya membutuhkan getah tanaman yang sepanjang waktu tersedia, tidak perlu takut disengat karena lebah ini tidak mempunyai sengat. Sangat mudah dalam mengembangkan koloni karena sangat mudah pemeliharaannya, tapi lebih tinggi produksi propolisnya karena lebah Trigona, Sp tidak banyak menghasilkan madu tetapi propolis, dan lebih tahan terhadap penyakit dan hama karena hanya sedikit memproduksi madu jadi tidak menjadi incaran para predator yang ingin mengambil madunya. Produksinya sepanjang waktu disebabkan untuk memproduksi propolis dibutuhkan getah tanaman yang mana getah itu mudah ditemukan dalam batang pohon sepanjang tahun.

budidaya-lebah-trigona-madu-trigona

Lebah Trigona atau Lebah Klanceng atau kelulut dikenal luas tidak mudah diternakkan, dan jumlahnya pun juga terbatas. Oleh sebab itu, lebah dengan ukuran fisik terkecil ini bisa dikategorikan termasuk kategori setengah langka, walaupun di daerah tertentu jumlahnya cukup banyak. Dan Itu pun atas inisiatif dan jerih payah penduduk sekitar dengan arahan dan binaan dari PT. Bahtera Syafana. Konsumen umumnya meyakini kualitas Madu Asli Murni Ratu Trigona, terutama karena kemampuannya menyembuhkan berbagai macam penyakit yang lebih baik dibanding madu jenis lainnya.

Faktor berikutnya, jumlah produksi Lebah Trigona atau Lebah Klanceng atau kelulut sangat sedikit, baik untuk keseluruhan maupun per koloni. Sebagai perbandingan, Apis mellifera sanggup memproduksi sekitar 10kg madu per koloni tiap tahun, sementara Apis Trigona sendiri hanya 1-2 kg per koloni tiap tahun. Bagi peternak yang baru dan belum lihai membedakan gula dengan madu, memang akan sulit membedakan madu trigona dengan madu lebah lainnya. Baik itu warnanya, kekentalannya, maupun rasanya. Madu Asli Murni Ratu Trigona adalah madu yang paling istimewa diantara banyak produk madu lainnya.

lebah-trigona-makassar

Kandungan Madu Ratu Trigona

Madu Asli Murni Ratu Trigona tersusun dari beberapa molekul gula, vitamin, mineral, asam amino, dan protein serta banyak enzim lainnya.

Kandungan Vitamin :

  • Thiamin (B1)
  • Riboflavin (B2), (B3)
  • Asam Askorbat (C), (B5)
  • Piridoksin (B6)
  • Niasin
  • Asam pantotenat
  • Biotin
  • Asamfolat dan
  • Vitamin K Mineral: Natrium (Na), Kalsium (Ca), Magnesium (Mg), Alumunium (Al), Besi (Fe), Fosfor dan Kalium (K), Potassium, Sodium Klorin, Sulfur.

Enzim-enzim utama :

  • Diatase
  • invertase
  • glukosa oksidase
  • fruktosa
  • peroksidase
  • lipase
  • Dan juga mengandung sejumlah kecil hormon, tembaga, iodium dan zinc dengan kesimpulan hampir semua mengandung yang di butuhkan oleh tubuh kita. Menyatu dengan aliran darah hanya butuh waktu 7 menit.

Berikut sifat-sifat Madu Asli Murni Ratu Trigona :

  • Mudah di cerna
  • rendah kalori
  • berdifusi dengan darah lebih cepat
  • membantu pembentukan darah dan
  • membunuh bakteri sehingga cocok dalam berbagai penyembuhan segala penyakit.

Madu Asli Murni Ratu Trigona Sebagai Madu Terbaik dan Berkualitas Internasional

Madu Asli Murni Ratu Trigona diproduksi oleh PT. Bahtera Syafana sejak tahun 2011 dengan produk utamanya Madu Asli Murni Ratu Trigona. Di awal produksinya, PT. Bahtera Syafana banyak dibantu, dan difasilitasi oleh Para Peneliti Lebah Nasional dan Luar negeri untuk mendapatkan produksi madu terbaik dan berkualitas internasional. dan hingga saat ini sejak 5 tahun lalu tetap aktif melakukan pelatihan dan pembudidayaan Lebah Trigona atau Lebah Klanceng atau kelulut atau biasa disebut lebah Kelulut di berbagai komunitas petani lebah di beberapa kabupaten di Indonesia, salah satunya di Kab.Penajam Paser Utara, Kaltim dengan penerapan Teknologi Tepat Guna dan Modern, yang ditangani langsung oleh Tenaga Ahli Profesional dibawah pengawasan Tim Pakar Perlebahan Nasional.

Madu Asli Murni Ratu Trigona dengan slogan Excellent Bee 100 %, Madu Asli Alami dari Jenis Lebah Trigona.Sp merupakan merk madu yang paling best seller. Madu yang diproduksi oleh lebah Trigona yang telah melalui proses terstandarisasi, Amanah dan Syariah (Bee Farmacology Industry). Diproduksi di pabrik yang sudah bersertifikasi CPOTB/GMP, menghasilkan formulasi untuk Produk Suplemen Syariah An- Nahl Kompliementry MRT – Excellent Bee yang mempunyai kandungan Asupan Nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. MADU ini produksi langsung oleh PT.Bahtera Syafana – Makassar.

Tunggu apalagi selamat berbelanja madu asli, Tubuh Sehat menjadi Milik Anda dengan mengkonsumsi madu asli murni Madu Ratu Trigona setiap hari.

Untuk Menjadi Agen Madu Klanceng Asli Murni Ratu Trigona bisa menghubungi kontak dibawah ini.

  • Bapak Syarif Syam – 0852 3047 5777

Untuk Membeli Madu Asli Murni Madu Propolis Ratu Trigona Di Makassar, Sidrap, Pinrang, Gowa, Palopo, Maros, Pangkep, Pare-pare, Bone, Balikpapan, Samarinda, Papua, Sorong, Jakarta, Klik Disini DAFTAR RESELLER MADU RATU TRIGONA.

Kami Siap Mengantarkan Dimanapun Anda.

Artikel Terkait:

Author: admin

beeKeepers from indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *