Madu Menyembuhkan Berbagai Macam Penyakit

Alquran Berbicara tentang Lebah. salah satu karasteristik Islam adalah tidak bertentangan dengan ilmu pengetahuan empiris. Islam juga mendorong umatnya agar memerhatikan langit dan bumi serta meneliti ciptaan Allah. dan keajaiban mahakarya-Nya
salah satu ilmu pengetahuan empiris adalah ilmu kedokteran. secara umum, islam menaruh perhatian terhadap ilmu kedokteran, terutama apa yang kita sebut dengan pengobatan preventif. meskipun demikian, Rasulullah juga menaruh perhatian besar terhadap pengobatan kuratif.

struktur-sarang-madu-kelulut-penajamTrigona/kelulut hidup dalam rongga kayu

Dalam kitab-kitab shahih, terdapat banyak riwayat hadits yang menganjurkan berobat, bahkan menganjurkan kaum muslimin untuk menjalani beberapa metode pengobatan guna mengatasi berbagai penyakit. Diantaranya adalah sabda Rasulullah berikut ini :
“Setiap penyakit ada obatnya apabila obat diberikan tepat sesuai dengan penyakit tersebut, maka akan terjadi kesembuhan dengan izin Allah”

“Apabila pada sebagian obat yang kalian gunakan terkandung kebaikan, maka kebaikan itu terdapat pada meminum madu, sayatan dengan bekam, atau dengan menyundutkan besi panas (pada bagian tubuh yang terkena penyakit, biasa disebut dengan istilah kay,-ed) tetapi, aku tidak suka berobat dengan kay”
Allah berfirman:
“Dan Rabbmu mewahyukan kepada lebah, ‘Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan tempat-tempat yang dibikin manusia. Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempulah jalan Rabbmu yang telah dimudahkan (bagimu).’ dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. sesungguhnya pada demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Rabb) bagi orang-orang yang memikirkan.” (An-Nahl [16]: 68-69)

Artikel Lainnya
Manfaat Madu Ratu Trigona Sebagai Obat Gagal Ginjal
Komsumsi Madu Ratu Trigona Kesemutan Hilang
Madu Ratu Trigona Sebagai Obat Luka Diabetes

 

 

Author: admin

beeKeepers from indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *